Senin, 12 Oktober 2020

Pengaruh Perubahan Ruang dan Interaksi Antarruang di Asia dan Benua lainnya


   



Interaksi antar ruang ini merupakan salah satu interaksi yang penting. Pentingnya interaksi antar ruang ini tidak hanya dirasakan oleh antarmanusia, tapi juga oleh bidang-bidang lain,seperti ekonomi, sosial budaya, politik, dan pendidikan. Ruang adalah tempat di permukaan bumi yang bisa dimanfaatkan makhluk hidup untuk tinggal, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. Sedangkan interaksi adalah suatu proses yang sifatnya timbal balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku. Interaksi ini bisa terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung. Interaksi antar ruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya. Jenis-jenisnya antara lain berupa pergerakan orang, barang, dan informasi. 

Di Asia perubahan ruang terlihat dari alih fungsi lahan 50% lahan di Asia beralih menjadi wilayah pertanian dan perkotaan. sehingga mendorong terjadinya interaksi antarruang dari Desa ke kota. Kota-kota di Asia dan Benua lainnya menjadi tujuan perpindahan penduduk dari desa sekitarnya.





interaksi keruangan antara desa dan kota di Asia dan Benua lainnyatelah berdampak secara ekonomi, sosial, budaya, politik dan pendidikan. Dampak interaksi desa kota adalah sebagai berikut 

  1. Mata pencaharian semakin berkembang dari pertanian ke              industry yang memanfaatkan hasil pertanian
  2. Pertanian menggunakan teknologi tepat guna  sehingga produktivitas meningkat
  3. Transportasi  desa kota semakin baik, sehingga mobilitas  penduduk dan barang semakin lancar
  4. Budaya kota masuk ke desa
  5. Kesadaran politik warga desa semakin meningkat, karena berkembangnya informasi  politik dari media masa yang masuk ke desa 
  6. Tingkat pendidikan di desa makin meningkat karena sekolah dibangun sampai ke desa.
1. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan ekonomi. Ada berapa aspek yang berpengaruh sih dalam suatu interaksi antar ruang, khususnya dibidang ekonomi. Ada 5 aspek yang berpengaruh, Kelima aspek tersebut adalah aspek produksi, aspek pembiayaan, aspek tenaga kerja, aspek jaringan informasi, dan aspek perdagangan

2. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antar negara terhadap kehidupan sosial. interaksi antarnegara dan benua juga melibatkan interaksi manusia sebagai pelakunya. kehidupan sosial berubah karena adanya pengaruh interaksi sosial contohnya wisatawan yang datang ke indonesia.

 


3. Pengaruh perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan budaya
Interaksi antarruang tidak harus bertemu secara fisik, kemajuan Teknologi informasi menyebabkan interaksi antarmasyarakat dengan budaya berbeda lebih mudah terjadi. peristiwa budaya di suatu tempat dapat disaksikan oleh masyarakat di daerah yang berbeda.Hal tersebut dengan cepat masuk dan ditiru oleh masyarakat lainnya.  Trend berpakaian ala korea, ditiru oleh remaja indonesia.
4.Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Kehidupan Politik
Peristiwa politik disuatu negara akan mempengaruhi kebijakan politik negara lain. 

5. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Ruang Antarnegara terhadap Pendidikan.
Berikut adalah dampak adanya perubahan dan interaksi ruang antarnegara terhadap kehidupan pendidikan.
Adanya pertukaran pelajar yang dilakukan oleh antar bangsa.
Saling bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan antar-negara, saling membantu mencerdaskan bangsa, serta saling bertukar pendapat untuk memajukan bidang pendidikan.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar